Berita7. Parungpanjang – Ren­cana pembangunan Rumah Sakit Palang Merah Indonesia (RS PMI) di Perumnas ll Parungpanjang, Desa Lum­pang, Kecamatan Parungpan­jang, sudah memasuki peren­canan dan pengurusan izin.

”PMI bersama konsultan dan BPN Kabupaten Bogor mela­kukan survei ulang untuk pelaksanaan langkah-langkah, dari mulai izin dan perenca­naan sampai peletakan batu pertama yang nanti tanggal 14 Februari oleh Bupati Bogor, “ungkap Camat Parungpanjang Icang Aliudin kepada Wartawan, (18/01/21).

Icang menjelaskan survei ulang bertujuan melengkapi beberapa dokumen yaitu per­setujuan izin lingkungan dan membuat berita acara, ter­masuk pembuatan Markah sarana yang ada, yang akan diusulkan dari Desa sampai kecamatan.

“Rumah sakit nantinya yang akan dibangun dengan tipe D, baru nanti akan berangsur-angsur tahapan melangkah ke peningkatan status yang nantinya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Rumah sakit ini juga menyediakan Bank darah,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Lumpang M Rodis Faisal me­gaku warganya menyambut baik rencana pembangunan RS PMI Kabupaten Bogor.

”Saya bersama masyarakat sangat menyambut baik dan mendukung rencana pembangunan RSUD PMI Kabupaten Bogor, jika masy­arakat membutuhkan menda­patkan pelayanan kesehatan lebih mudah dan terjangkau atau lebih dekat,” imbuhnya.

Selain itu, pria yang akrab disapa Caning itu menuturkan, dengan adanya rumah sakit di wilayahnya akan berdam­pak positif bagi warganya karena sebagian besar warga Lumpang lulusan Akademi Kebidanan (Akbid).

”Warga Desa Lumpang yang lulusan akademi kesehatan dan akademi bidan bisa ter­salurkan. Bukan hanya itu, pembangunan rumah sakit juga terlaksana di sini. Dam­pak positif lainnya juga akan bermanfaat bagi warga seki­tar, ”pungkasnya.(Agus.P)