Berita7JakartaPresiden RI Ir. Joko Widodo telah resmi melantik Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, Msi sebagai kapolri baru.

Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.SI, menjabat Kapolri menggantikan Kapolri yang lama Jenderal Polisi Drs.Idham Aziz, M. SI. yang memasuki masa pensiun pada tanggal 1 pebruari 2021.

Pelantikan Listyo Sigit Prabowo menggantikan Idham Aziz digelar di Istana Merdeka rabu (27/1/2021)

Listyo Sigit Prabowo calon kapolri tinggal yang terpilih dan sudah melalui uji fit and propertest dihadapan presiden RI. Joko Widodo dan DPR RI

Dalam pelantikan pangkat Listyo Sigit Prabowo dinaikkan satu tingkat lebih tinggi dari Komjen menjadi Jenderal Polisi.

“Demi Tuhan Yang Maha Esa, saya menyatakan berjanji dengan bersungguh-sungguh, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.”

“Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara.”

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi Tribrata.” kata Jokowi yang kemudian ditirukan oleh Kapolri baru Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo

Kemudian Listyo Sigit kembali keMabes Polri untuk menerima serah terima Jabatan dari Kapolri lama Jenderal Idham Aziz.

(Red)