oleh

Langkah-Langkah Cabang Dinas Kehutanan Jember Dalam Meminimalisir Wilayah Lahan Zona Kritis

-Berita7-155 views

Berita7.  JEMBER – Dalam langkah-langkah mengurangi atau meminimalisir lahan-lahan yang masuk dalam katagori zona kritis yang berada di wilayah kerjanya, setiap tahunya pihak Dinas Kehutanan Cabang Jember.Jawa timur. melakukan rehabilitasi lahan dengan cara penghijauan yaitu penanaman pohon.

Sedangkan untuk target di 2021 dalam langkah-langkang rehabilitasi lahan yang kritis Didik Triswantara selaku kepala cabang dinas kehutanan Jember menjelaskan,
“tahun ini (2021) kita targetkan 150ha untuk melakukan kegiatan menanam diareal-areal lahan tersebut, jadi kita tidak bisa 12000 langsung tuntas, terkait dengan anggaran APBD Provinsi Jawa Timur, jadi kita bertahap,” jelasnya.

Fakta Suara Bangsa<<<Fakta Suara BangsaBerita7Fakta Suara Bangsa>>>Fakta Suara Bangsa

“ini yang kita fokuskan ke Bondowoso jadi karena Bondowoso itu dari total 12000 sekitar 9000ha, yang 3000 di Jember sini. dan Alhamdulillah di Jember sudah banyak kegiatan-kegiatan disupport oleh kementrian LHK dengan adanya peresmian permanen bisa membantu mengurangi lahan kritis di wilayah Jember, walaupun secara data 3000ha, untuk kegiatan ini kita mulai baru 2019 dan kita ditarget pertahun cuman 0,sekian % untuk pengurangan lahan kritis dari total itu(12000ha)”.

“harapan saya ada sinergi yang baik dukungan dari semua pihak kementerian LHK, kemudian dari pihak-pihak OPD lain bagai mana kita bersinergi untuk menangani lahan kritis itu, karena tanpa adanya sinergi itu nanti jadi tumpang tindih, sehingga kita tidak bisah fokus.Tapi dengan adanya sinergi dari kementerian LHK,Dinas Kehutanan Provinsi,dan juga didukung oleh temen-temen pemerintah kabupaten jadi perlu adanya koordinasi dari semua pihak,” jelasnya lebih lanjut.

Selain itu juga menghimbau kepada masyarakat yang berada atau tinggal di dekat kawasan hutan agar tetap selalu menjaga kelestarian dengan cara diantaranya jangan melakukan penebangan yang tidak sesuai dengan izin, tidak melakukan pembakaran hutan secara sengaja untung membersihkan serasah yang akan ditanami dan inilah yang harus di jaga.

(Bambang)

Komentar