Berita7. Jember – Kecamatan Kaliwates, menggelar rapat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Tahun 2022, di Aula Kecamatan Kaliwates. Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Muspika Kaliwates beserta Jajarannya, sekaligus ke Kepala Desa, se-Kecamatan Kaliwates, kabupaten Jember, Senin siang, 21/02/2022.

S. hafid Yasin, Selaku Camat Kaliwates Menyampaikan, Musrenbang tingkat kecamatan adalah untuk Mensinkronkan kegiatan program pemerintah Kabupaten, yang dimulai dari kelurahan, kecamatan, dan nanti sampai di Musrenbang Kabupaten, ini untuk menggali partisipasi masyarakat, usulan masyarakat Terkait kebutuhan prioritas di lingkungannya.

“Hasil musrenbang Kecamatan kita yang menjaring 14 program prioritas dari masing-masing kelurahan Dua program, Rata-rata memang usulan Terkait infrastruktur jalan dan juga Drainase, atau selokan, karena kita ketahui di lingkungan kecamatan kaliwates, khususnya di masing-masing kelurahan saat ini banyak keluhan selokan, yang banyak tidak berfungsi sehingga rawan menyebabkan genangan ataupun banjir disaat intensitas hujan sangat tinggi, untuk itu, beberapa usulan dari kelurahan, perbaikan atau normalisasi, kemudian juga Jalan jalan lingkungan yang rusak karena di berapa tahun ini, belum ada perawatan atau perbaikan”.

“Seperti di Kelurahan Mangli, lingkungan Krajan di RW 12 itu, pengaspalan karena hampir lima tahun dan jalannya sudah rusak dan itu menjadi jalan alternatif bagi warga apabila terjadi kemacetan di perempatan Mangli”.

“Musrenbang ini kan menjadi salah satu sarana untuk mengusulkan program prioritas yang dibutuhkan oleh masyarakat, namun tidak semua usulan prioritas ini akan terakomodir dikarenakan memang keterbatasan anggaran yang ada, kemudian juga harus berbagi dengan wilayah yang lain, namun kami berharap ini tidak menjadi putus asa bagi warga maupun kelurahan, kita bisa mencari jalur lain untuk terobosan pembangunan di wilayah kita, bisa melalui DPR, Bansos, Hibah maupun ditingkat provinsi dan tingkat Pusat, pihak Kecamatan siap memfasilitasi administrasi dan pengusulannya,” ujar Camat lebih lanjut.

(Bambang)