Berita7. Kota Tangerang – Sarana pelayanan kesehatan jiwa bagi Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) belum mendapatkan penanganan optimal. Salah satu permasalahan yang paling memberatkan adalah mahalnya pengobatan yang dibutuhkan.

Seperti halnya yang terjadi pada JA (49) yang diketahui beralamat di kawasan Panunggangan Utara, Pinang, Kota Tangerang.

Serta Mr. X (ODGJ) yang keduanya mengalami gangguan kejiwaan yang diselamatkan oleh warga dari dua lokasi berbeda namun sempat kesulitan mendapat perawatan di Rumah Sakit. Pada Jumat (18/03/22)

Akhirnya hasil musyawarah dengan antara pihak RSU Soehartoheerjan dengan beberapa stakeholder dan Masyarakat Panunggangan Utara tersebut. Dan kini telah mendapat perawatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Soeharto Heerjan, Grogol, Jakarta Barat.

“Dalam hal ini saya ucapkan terima kasih kepada Dinas Sosial Kota Tangerang dan BPJS Kesehatan yang merespon cepat permasalahan kami dan para pihak yang terlibat yaitu ketua LKK, Ketua RW 05, Ketua RT 05/05, dan peran serta masyarakat,” Ujar Lurah Panunggangan Utara, Warji, S.IP

Di tempat yang sama Anggi selaku
Ketua LKK Panunggangan Utara mengatakan. Awalnya, berdasarkan adanya laporan dari masyarakat, dengan adanya dua pria lansia yang mengalami gangguan jiwa yang sering menetap di halaman ruko di Jalan MH Thamrin dan Jalan HR Rasuna Said, dibantu untuk mendapat perawatan di RSJ. Namun sempat terkendala dalam persyaratan. Untuk itu Kantor Cabang BPJS Kesehatan Cikokol Kota Tangerang mersepon cepat adanya laporan sehingga ODGJ berinisial JA(49) dan Mr. X dapat menjalani perawatan.

“Kami ucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat, Lurah Panunggangan Utara, Dinsos, serta BPJS Kesehatan yang telah membantu dalam penanganan ODGJ tersebut. Pungkasnya