Berita7. JEMBER – Dalam pelaksanan pekerjaan drainanse yang berada diwilayah Satuan Kerja PJN Wilayah 1(satu) Pejabat Pembuat Komitmen 1.6 Provinsi Jawa Timur (Jalan Jurusan Tanggul – Jember Km SBY 181 Tisnogambar Bangsalsari – Jember yang pada saat ini dibulan Oktober 2022 masih dalam masa pengerjaan, seperti diwilayah kecamatan Rambipuji, kabupaten Jember, Jawa Timur. Dalam pekerjaan drainanse yang berlangsung diduga dalam sistem mencampur (pencampuran) semen dan pasir tanpa menggunakan alat ukur perbandingan semen dan pasir.

Seperti yang terdapat dalam QEN-6 = STANDART MUTU PEKERJAAN KONTRUKSI SDA/PELATIHAN AHLI MUTU PEKERJAAN KONTRUKSI / DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM (Badan Pembinaan Kontruksi dan Sumber Daya Manusia / Pusat Pembinaan Kompetensi dan Pelatihan Kontruksi, BAB 3 Tentang Pasangan Batu, Nomor : 3.3 Adukan (adukan untuk pekerjaan pasangan harus dibuat dari semen porlan dan pasir dengan perbandingan isi 1 : 3 atau 1: 4 seperti ditentukan dalam gambar untuk tiap jenis pekerjaan.

Jika tidak ditentukan lain, adukan 1 SM : 1 SP : 1 KP dipakai untuk pekerjaan bata menurut perbandingan isi harus untuk pekerjaan biasa. dan 1 PC : 3 PC untuk pasangan kedap air dan lainnya yang diperintahkan oleh Direksi. (Selanjutnya dipakai singkatan PC untuk semen Portland, Ps untuk pasir, Kr untuk kerikil, SM untuk semen merah dan Kp untuk kapur dalam dalam kode perbandingan satuan adukan). Pasir harus sama dengan yang disyaratkan untuk pekerjaan beton pada pasal 3.02.

Cara dan alat yang dipakai untuk mencampur haruslah sedemikian rupa sehingga jumlah dari setiap bahan adukan bisa dikontrol dan ditentukan secara tepat sesuai persetujuan Direksi. Apabila mesin adukan yang dipakai bahan adukan kecuali air harus dicampur lebih dahulu di dalam mesin selama paling tidak 2 menit. Bila pengadukan dilakukan dengan tangan, bahan adukan harus dicampur di dalam semacam kotak diaduk dua kali secara kering dan akhirnya tiga kali setelah diberi air sampai adukan sewarna semua dan merata).

Akan tetapi walaupun demikian pihak Pemegang Wilayah Satuan Kerja PJN Wilayah 1(satu) Pejabat Pembuat Komitmen 1.6 Provinsi Jawa Timur (Jalan Jurusan Tanggul – Jember Km SBY 181 Tisnogambar Bangsalsari – Jember. diduga dalam sistem pengawasanya mengabaikan tentang QEN-6 = STANDART MUTU PEKERJAAN KONTRUKSI SDA/PELATIHAN AHLI MUTU PEKERJAAN KONTRUKSI / DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM (Badan Pembinaan Kontruksi dan Sumber Daya Manusia / Pusat Pembinaan Kompetensi dan Pelatihan Kontruksi, BAB 3 Tentang Pasangan Batu, Nomor : 3.3 mengenai sistem adukan tersebut.

@Penulis : Bambang