Berita7. Tangerang, – Umat islam akan kedatangan tamu yakni bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah yang bakal dilaksanakan ummat muslim pada pekan ini, Menyambut datangnya bulan suci ramadhan Barisan Muda Rano Alfath (BMR) Tangerang Raya menggelar Sholawat dan Festival Qasidah Rebana.

Meliputi acara. Festival Qasidah Rebana dibuka langsung oleh Anggota Komisi III DPR-RI Fraksi Partai PKB, Rano Alfath, dan Ketua Panitia Andry Yanto yang digelar di Tempat serba guna RT 04 RW 05 Kp, Sawah Dalam Panunggangan Utara Pinang Kota Tangerang pada, Minggu (19/03/23).

Rano Alfath dalam sambutanya menyampaikan, dengan adanya Festivalan Qasidah akan turut melestarikan seni budaya Islam.

Oleh karenanya, ia sangat mendukung festival qasidah yang digagas oleh BMR Tangerang Raya.

“Insya Allah nanti kita gelar festival-festival qasidah ditempat-tempat lainnya,” ujar Rano.

Ia pun mengapresiasi kegiatan hari ini yang diikuti dengan sholawat dalam rangka menyambut bulan puasa Ramadhan 1444 H.

“Semoga kegiatan ini dapat membawa semangat kita bersama dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan,” kata dia.

Senada Andry Yanto menyatakan, kegiatan Sholawat dan Festival Qasidah Rebana ini juga dalam rangka turut serta melestarikan seni qasidah yang termasuk dalam budaya Islam, khususnya di Kota Tangerang.

“Dan yang paling penting kegiatan ini adalah sebagai ajang silaturahmi. Dengan festivalan ini,
Qasidah Rebana jangan sampai punah tergerus zaman. Dan alhamdulilah ibu-ibu (peserta qasidah) apapun warna bajunya, tetapi kita bisa bersatu hari ini bisa dijadikan sebagai semangat dan kebersamaan. ujar Andry.

Selain itu, ia berpesan kepada para peserta Festival Qasidah Rebana, menang kalah bukanlah tujuan akhir. Tahun ini BMR Tangerang Raya menggelar Festival Qasidah Rebana, untuk itu pihaknya pun akan menggelar festival-festival serupa dimasa yang akan datang.

“Walaupun ini pertama kali kita (BMR) Tangerang Raya menggelar festival qasidah. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi para peserta agar terus menggelorakan qasidah di masjlis taklim ke majelis taklim lainnya,” Imbuhnya.

“Kami berharap kedepan qasidah rebana akan terus eksis berjaya dimana pun berada. Dan BMR tetap solid kompak untuk mensukseskan bang Rano Alfath,” tegas dia.

“Kami Barisan Muda Rano Alfath Tangerang Raya mengucapkan, selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1444 Hijriyah,” Andry menutup.

Festival Qasidah Rebana diikuti sebanyak 15 tim atau peserta dari berbagai wilayah di Kota Tangerang, dan juga Kabupaten Tangerang hingga berakhir sampai pembagian piala pemenang

Kegiatan ini juga bekerja sama dengan DPD LASQI (Lembaga Seni Qasidah Indonesia) Kota Tangerang dan segenap Pemuda Pemudi RT04 RW05, Kelurahan Panunggangan Utara, Pinang Kota Tangerang.

(ZIE/Van)