Berita7. Sebagian masyarakat awam bertanya apa baju yang di kenakan Jokowi. Saat pada Rayakan HUT RI,

Dikutip dari detikcom. “Presiden Joko Widodo (Jokowi) memakai baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Keraton Kesunanan Surakarta Hadiningrat. Ada makna di balik Ageman yang biasanya dipakai raja ini.

Baju adat ini biasanya dipakai oleh para Raja Pakubuwono Surakarta. Baju adat ini dipakai di acara Enggar Enggar soho Tedhak Loji. Dikutip dari keterangan Biro Pers Kepresidenan, Ageman ini dipakai oleh Para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar soho Tedhak Loji.

Adapun raja biasanya keluar Keraton menaiki kuda. Dari situ, Raja menengok masyarakat. Artinya saat dimana Raja keluar dari Keraton dengan menaiki kereta kuda, diikuti dengan perangkat Keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo atau masyarakat.

Sepanjang jalan, Raja membagikan uang dan makanan. Inilah aktivitas turun ke bawah yang dilakukan Raja. Dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan Sang Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulonya atau bisa disebut dengan turba (turun ke bawah).

Red

Avatar photo