Berita7 – JEMBER. Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, Desa Sukamakmur kecamatan Ajung, Jember pada tanggal 19 Agustus 2023 menggelar acara karnaval bersama warga masyarakatnya dan dihadiri oleh Muspika, Tiga Pilar, beserta tokoh masyarakat setempat.

Untuk rute lintasan sendiri memiliki panjang jarak lintasan sejauh 2,5 km, start mulai Dusun Mangaran hingga finish di balai Desa Sukamakmur. Acara karnaval tersebut terlihat sangatlah meriah, disepanjang jalan rute lintasan karnaval dipadati oleh ribuan pengunjung dari Desa Sukamakmur maupun luar desa.

Dalam acara kegiatan karnaval banyak peserta yang menggunakan berbagai pakaian adat budaya dengan menunjukan kecintaannya sebagai warga Indonesia yang memiliki berbagai adat budaya, tetapi tetap satu jiwa yang sesuai dengan simbol Republik Indonesia “Binneka Tunggal Ika”

Disisi lain hal tersebut sangat bermanfaat bagi calon generasi masa depan Bangsa Indonesia untuk mengenang bahwa Indonesia memiliki beragam adat budaya yang berbeda-beda, seperti yang di ungkapkan beberapa peserta karnaval.

Fani