Berita7. KARAWANG – Bupati Karawang Hj. dr. Cellica Nurrachadiana resmi membuka kegiatan “Gebyar Job Fair Online Via Info Loker dan Workshop Entrepreneur Barista dan Pastry UPTD BLK Disnakertrans Kabupaten Karawang Tahun 2023.

Kegiatan digelar di Kantor Disnakertrans Kabupaten Karawang dengan meliputi Kegiatan sekaligus dalam rangka HUT Karawang ke-390 , (12/09/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Karawang menyampaikan bahwa di momen HUT Karawang ke-390 Pemda Karawang terus berusaha meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat Karawang termasuk para pencari kerja. “Pencari kerja semakin tahun semakin meningkat, oleh sebab itu Pemda fokus dalam menangani masalah pengangguran di Kabupaten Karawang dengan mengadakan Gebyar Job Fair Online yang diikuti lebih dari 100 perusahaan,” jelas Cellica.

Bupati berharap, program ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Karawang. “Selama ini banyak sekali keluhan masyarakat terkait proses rekruitmen perusahaan yang dirasa sangat menyusahkan. Untuk itu, kami berupaya menyediakan proses yang mudah untuk melamar kerja menggunakan sistem online yang bisa diakses oleh semua masyarakat, sesuai dengan temanya yaitu Hemat Waktu, Hemat Biaya dan dapat terjangkau oleh seluruh masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kadisnakertrans Karawang Hj. Rosmalia Dewi, S.H., M.H., menyampaikan rasa syukur atas digelarnya Gebyar Job Fair ini. “Dari hasil penelusuran kami, Alhamdulillah ada 96 perusahaan yang membuka lowongan kerja dengan loker yang bervariasi. Insyaallah dari 96 perusahaan ini ada 1000-an loker yang bisa digunakan oleh masyarakat Karawang untuk bekerja. Lowongan tersebut akan kita posting di website infolokerkarawangkab.co.id setiap hari mulai hari ini sampai 30 September mendatang,” jelasnya.

Selain itu, untuk mengatasi masalah pengangguran bukan hanya melalui perusahaan saja, Disnakertrans Karawang telah membuka workshop entrepreneur Barista dan Pastry.

“Kita berharap dengan adanya workshop ini, sudah ada 50 pemilik Coffee Shop and Cafe bisa menyerap siswa yang telah kami latih untuk menjadi karyawan di Coffee Shop tersebut,” ungkapnya.

Rosmalia menambahkan, dalam website info loker tersebut yang membuka lowongan bukan hanya di bidang industri saja, tapi ada di bidang kesehatan, garmen, kecantikan dan kuliner. “Anak-anak yang tidak terserap di industri maka masih ada peluang di bidang garmen atau kecantikan, hal ini akan memperluas hubungan kerja di luar hubungan industrial,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Disnakertrans Karawang juga memberikan piagam penghargaan kepada beberapa perusahaan yang telah bersinergi dalam hal perekrutan tenaga kerja. Salah satu perusahaan yang mendapatkan penghargaan adalah PT. Siix EMS Indonesia

(Tata)