Berita7. KARAWANG || Kunjungan anak SD Al-Hidayah pucung mengunjungi pabrik  Tempe yang beralamat di Dusun cijalu RT/RW 004/011 Desa Cikampek timur, Kecamatan cikampek,Kabupaten Karawang.

Anak kls 4 A alhidayah mewawancarai cara pembuatan tempe  di dusun Cijalu tepatnya di Desa Cikampek timur, terdapat sebuah usaha industri rumahan yang kita kenal sebagai “home industry”  .  Industri tersebut memproduksi tempe dan dimiliki oleh pengusaha Hj. Sudirman, Usaha yang telah dijalaninya selama ini telah menarik perhatian kami untuk menggali informasi dari pengusaha tersebut.

Sudirman memilih usaha tempe ini karena berkat keterampilannya dalam membuat tempe. Beliau diajarkan oleh saudaranya di kampung. Maka dari itu, beliau memutuskan untuk membuka usaha tempe ini di tempat tinggalnya di daerah Cijalu. Berikut adalah isi hasil wawancara kami terhadap pengusaha tersebut.

Bahan- bahan dibutuhkan untuk membuat tempe pada usaha yang dijalankan oleh pengusaha tersebut  tidak terlalu banyak. Seperti Plastik,kacang kedelai, air, dan ragi. Sementara alat- alat yang harus dibutuhkan cukup banyak yaitu kayu sebagai bahan bakar , drum minyak untuk tempat merebus, daun pisang dan plastic yang berukuran sekitar 30 x 20 cm. Ada juga kajang, kerey untuk tempat tempe saat didiamkan, alat penyaring, alat penggiling, dan tong plastic yang berukuran besar untuk mewadahi kacang kedelai. Ragi termasuk bahan-bahan yang diperlukan dan sangat penting sekali karena berguna untuk mengembangkan jamur.

Menurutnya, cara pembuatan tempe cukup sederhana tetapi membutuhkan waktu cukup panjang, yaitu sekitar 4 hari. Waktu proses ini berlangsung dari sebelum sampai sesudah menjadi tempe yang siap untuk dipasarkan. Proses pembuatan tempe diawali dengan merebus kacang kedelai kurang lebih selama 2 jam. Setelah itu, direndam selama 12 jam pada malam hari. Esok paginya, kacang kedelai tersebut digiling, lalu dicuci sampai bersih. Kemudian diberi ragi, ditiriskan , dan dilanjutkan dengan dibuat atau dicetak menjadi tempe. Setelah itu didiamkan selama 2 hari 2 malam dan keesokan paginya siap dijual.

(Tata)