Berita7. Tangerang,. – Salah satu bentuk apresiasi PJ Wali Kota Tangerang bersama dr Terawan Agus Putranto Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin, Kamis (25/1/2024) meresmikan gedung RS pelayanan Imunoterapi Nusantara yangb berlokasi di Jalan Karyawan 4, Kecamatan Karang Tengah,

Menurutnya, Nurdin menyampaikan, Kota Tangerang memiliki potensi yang besar dalam bidang kesehatan. Hal ini terlihat dari banyaknya RS yang tersebar di wilayah Kota Tangerang. Namun, untuk dapat bersaing dengan rumah sakit lainnya tentu, rumah sakit harus terus bersaing dalam meningkatkan kualitas layanannya.

“Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan adalah dengan menghadirkan layanan unggulan. RS Karang Tengah Medika telah menunjukkan komitmennya dalam hal ini dengan menghadirkan fasilitas immunotherapy,” Yang dapat melakukan kerjasama dengan negara-negara besar didalam uji klinis dalam penanganannya.

Mantan Pj Bupati Aceh Jaya ini, juga mengajak 34 RS yang ada di Kota Tangerang untuk terus berkolaborasi antar RS di Kota Tangerang.  Hal ini penting untuk memberikan layanan kesehatan unggulan dan terbaik bagi masyarakat. Dengan demikian, Kota Tangerang dapat menjadi pusat rujukan kesehatan baik dari dalam maupun luar Kota Tangerang,” Ujarnya.

Ditempat yang sama dr Terawan Agus Putranto pun mengatakan, RS Dengan pelayanan Immunotherapy Nusantara ini merupakan bidang keilmuan yang baru, dimana dibelahan dunia.

“di Indonesia sudah ada 3 rumah sakit menyediakan pelayanan Immunotherapy Nusantara yaitu di Solo, Bali, Medan dan ini Kita Tangerang yang ketiga,

“Oleh karenanya,. Bahkan Amerika pun sudah dianggap sejajar untuk mengembangkan uji klinis 3 terhadap kanker otak dengan basic Imunoterapi,” ungkapnya.

Kedepan, lanjut Terawan, pelayanan Imunoterapi ini akan menjadi modalitas dunia. Pihaknya dapat melakukan kerjasama dengan negara-negara besar didalam uji klinis ini untuk penanganan kanker.

“Dan bahkan oleh Amerika juga kita sudah dianggap sejajar untuk mengembangkan uji klinis 3 terhadap kanker otak dan sebagainya dengan basic Imunoterapi,” ungkapnya.

Senada Direktur Utama RS Karang Tengah Medika, Luceria Siagian menambahkan, layanan Imunoterapi merupakan bentuk inovasi layanan pengobatan terbaru di RS KTM, Imunoterapi yang dapat meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh individu untuk mengenali dan menyerang sel kanker.

“Imunoterapi dianggap cukup ampuh karena mengandalkan sistem kekebalan tubuh untuk memperbaiki sel-sel dalam tubuh terutama bagi lansia. Bahkan sekarang ini saja sudah sekitar 200 orang yang terlayani,” Pungkasnya.(*)