Berita7.GROBOGAN – Polres Grobogan resmikan monumen Garuda Bhayangkara serta membagikan ratusan takjil bersama Bhayangkari pada Sabtu,(30/03/2024).

Kapolres Grobogan AKBP Dr.Dedy Anung Kurniawan menyampaikan, bahwa monumen Garuda Bhayangkara tersebut dibuat dari hasil penyitaan terhadap pelanggar lalu lintas pada kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot tidak standar. Sepanjang 2023-2024 Satlantas Polres Grobogan beserta jajaran Polsek dan seluruh personil Polres Grobogan melaksanakan Operasi Keselamatan Berlalulintas termasuk penegakan hukum termasuk pengguna knalpot yang tidak standar atau tidak sesuai dengan spesifikasi teknis.

Knalpot yang selama kita lakukan penegakkan hukum, di laksanakan penyitaan kemudian hari ini dari inisiatif Satlantas Polres Grobogan kami buat monumen Garuda Bhayangkara.Garuda Bhayangkara ini adalah salah satu simbol dari Polri Presisi yang tahun lalu juga diresmikan Bapak Kapolri, mudah mudahan dengan monumen knalpot ini menjadi penanda peringatan bahwa knalpot yang tidak standar tidak boleh digunakan.

Karena jelas mengganggu ketertiban Masyarakat, ketenangan dan juga bisa menimbulkan perselisihan antar warga. banyak juga kita temukan seperti perang sarung antar remaja, perkelahian antar remaja yang ditimbulkan karena kebisingan dari knalpot tidak standar tersebut.Yang kita buat ini menggunakan sekitar 550 unit knalpot tidak standar bekerjasama dengan seniman lokal kemudian kita resmikan sebagai monumen Garuda Bhayangkara,” ujar Kapolres.

Tentang pelaksanaan takbir keliling yang dilaksanakan pada malam takbir akan datang, bagi pengguna knalpot tidak standar,Kapolres menyatakan ” Kami sudah membuat surat edaran bersama dengan Bupati, Kemenag juga Kodim.Kita sudah peringatkan agar melaksanakan takbir dengan tertib,kita batasi operasional waktunya hingga Jam 22.00 WIB. Kita juga memberikan aturan diantaranya larangan menggunakan knalpot brong yang tidak standar,narkoba dan miras

Setelah meresmikan monumen Garuda Bhayangkara Kapolres beserta Jajaran Pejabat Utama Polres Grobogan, bersama Bhayangkari Grobogan melaksanakan kegiatan pembagian ratusan takjil. Sebagai bentuk tali asih kepada Masyarakat yang sedang Puasa Ramadhan.

@ Tn