Ketahanan Pangan Memerangi Covid 19 Pokja FKTS Bersama RW 02 Gaga

oleh

Berita7. TANGERANG – Menjaga Imunisasi Warga Inilah opotek hidup yang dinisiasi FKTS Kelurahan Gaga Kecamatan Larangan Kota Tangerang di Jl.Inpres 13 B RW 02, Kelurahan Gaga, Kecamatan Larangan,Kota Tangerang. Di tempat inilah Pokja FKTS Gaga Membuat Terobosan Ketahanan Pangan Dengan Menanam Singkong,Ubi dan Bermacam macam Sayuran serta obat-obatan.

Alam menyediakan segalanya. Termasuk kebutuhan obat-obatan. Ketua FKTS Kelurahan Gaga Mujiya membuat inovasi dengan mendorong warga memiliki apotek hidup di lingkungannya. Dengan apotek hidup itulah warga menjaga stamina di masa pandemi Corona.

HAL ini mengilhami Warga Inpres 13 B Khususnya Di RW 02 Kelurahan Gaga, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang. Warga membuat apotek hidup dengan menanam berbagai tanaman seperti lengkuas, jahe merah, kuncit, kencur, dan sebagainya.

”Apotek hidup Organik juga membudidayakan berbagai macam jenis tanaman sayur mayur dan budi daya ikan,” terang Ketua FKTS Kelurahan Gaga Mujiya


Keberadaan apotek hidup menjadi keunggulan Warga Khususnya Di RW 02 Kelurahan Gaga sebagai salah satu kampung sehat di Kota Tangerang. ”Dengan adanya kampung sehat seperti ini mudah mudahan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” harap Mujiya

Selain bisa memanfaatkan tanaman obat, apotek hidup juga menjadi media edukasi bagi warga Gaga. Membangun pola hidup sehat dan bersih bisa dimulai dari kegiatan berkebun.

Mujiya menegaskan, kegiatan kampung sehat merupakan salah satu upaya memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menyambut tatanan baru. katanya.

Ia berharap kampung sehat merangsang warga aktif melindungi diri dari penularan virus Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan.

Mujiya berharap kegiatan itu menginspirasi seluruh Masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. kampung sehat ini menjadi pemicu semangat semua pihak untuk terus kompak dalam memutus penyebaran Corona,” kata Ketua FKTS Gaga Mujiya

Nilai Tambah untuk Warga

Hasil apotek hidup itu selain bisa dipakai oleh warga sendiri, juga bisa dijual. Apalagi, semenjak pandemi, sejumlah tanaman herbal yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh harganya melonjak tinggi. Kunyit dan jahe misalnya harganya sempat tembus ke angka Rp 60 ribu per kilogram.

Di samping itu, Mujiya punya impian lain. Dia ingin agar apotek hidup itu menjadi salah satu keunggulan FKTS Gaga , sehingga bisa menjadi salah satu daya tarik wisata. Maklum,RW 02 kelurahan Gaga saat ini adalah salah satu Kampung wisata unggulan di Kelurahan Gaga,Kecamatan Larangan,kota Tangerang

Mujiya adalah Ketua Forum Kota Sehat. Apotek hidup ini memiliki luas 11000 MTR dan mulai dikembangkan semenjak tahun lalu. (Mulyadi Ompong)