Esa Putra Ma’ruf Di Khitan Secara Gaib Hingga Hebohkan Warga Kampung Curug Sari

BERITA7. SERANG – Warga Kampung Curug Sari dihebohkan dengan Khitan (Sunat) secara Gaib, hal ini terjadi kepada Esa (4 Tahun) jenis kelamin laki – laki, Putra dari pasangan Ma’ruf dan Istrinya Supinah Warga Kampung Curug Sari, Desa Cemplang, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, kedua orang tua Esa terheran dan kaget atas kejadian yang menimpa anaknya,

Ketika pihak media menyambangi kediaman Esa (4 Tahun) yang mendapatkan khitan secara gaib ini, kedua orang tuanya mengatakan, kejadian khitan secara gaib ini terjadi pada pagi tadi sekira pukul 10:00 WIB, ketika anaknya sedang dikerik punggungnya dikediaman saudaranya, anaknya mengaku Jenis kelaminnya sakit, ketika diperiksa oleh ibu kandungnya, kondisi alat kelaminnya sudah dikhitan (Sunat), atas kejadian itu ibu kandung Esa merasa panik dan terheran – heran

“Anak minta dipijat dan dikerik, ketika dikerik anak saya merasakan sakit pada alat kelaminya, pas saya periksa, alat kelamin anak saya sudah dikhitan (Sunat), kaget campur panik, saya hubungi suami saya. Setelah itu suami saya menghubungi ustad, dan kyai, kata kyai anak ibu sudah dikhitan, dan sah walau dikhitan secara gaib,” ucap Supinah kepada Media, Sabtu (04/09/2021)

Terpisah, KH.Khudori Pimpinan Pondok Pesantren Riyadul Fikar Kampung Curug Sari, ketika dimintai pandangan tentang khitan gaib yang terjadi kepada Esa, mengatakan, khitan gaib ini menurut pandangan agama, sah. Dan pernah terjadi ketika jaman nabi ketika dilahirkan kondisinya sudah dikhitan.

“Ini semua kuasa ilahi, dan ada pada jaman nabi masih dalam kandungan sudah dikhitan, Walaupun gaib tapi ini sah, sudah di khitan,” tutup KH. Khudori (A. Suryani) (red*)

Tingkat Kekuatan CSO Bagian Kekuatan Masyarakat Sipil

BERITA7. Tangerang – Upaya mendorong peran dan partisipasi CSO sebagai bagian kekuatan masyarakat sipil perlu terus ditingkatkan.

Demikian disampaikan Direktur Perekat Demokrasi Khoerun Huda pada acara Workshop Penyusunan Modul peningkatan Kapasitas CSO yang dilaksanakan di Warung Sunda Telaga Bestari salah satu rumah makan di Telaga Bestari Cikupa. Pada (27/8/21)

Menurut Huda, saat ini keberadaan CSO sangat penting guna menjadi penyambung berbagai kepentingan masyarakat sekaligus sebagai penyeimbang kekuasaan. ” Peran yang strategis tersebut haruslah diimbangi dengan adanya peningkatan Kapasitas CSO terlebih para pengurusnya”. Terang Huda.

Lebih jauh Huda menjelaskan, dari hasil diskusi yang dilakukan setidaknya ada 6 persoalan yang acapkali dihadapi CSO khususnya di Tangerang ” diantaranya persoalan Managemen/Tata Kelola Organisasi, Managemen Keuangan, Penyusunan Program, Implementasi Program, Kepemimpinan dan persoalan Pendanaan”. Jelas Huda.

Untuk itu pihaknya merasa terpanggil untuk memberikan kontribusi dengan menyusun Modul guna peningkatan Kapasitas CSO di daerah. ” Kita sedang rancang sebuah Modul , mudah-mudahan nantinya dapat membantu rekan-rekan CSO dalam melakukan peningkatan Kapasitas organisasinya”.

Dalam kegiatan Workshop tersebut setidaknya dihadiri 12 CSO yang tergabung dalam Forum Simpul Madani diantaranya, Visi Nusantara, GP Ansor, Ikatan Bidan Indonesia, Fatayat NU, Pemuda Muhammadiyah, Muslimat NU, Persatuan Wartawan Indonesia, Lakpesdam, KSPN , KNPI, FOPKIA. (Kuh)

Fakta Suara Bangsa<<<Fakta Suara BangsaBerita7Fakta Suara Bangsa>>>Fakta Suara Bangsa

Atribut Direction di Tag Marquee

Camat Mekar Baru Donorkan Darahnya Pada Acara Pekan Kemanusiaan

BERITA7. Tangerang  – Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Mekar Baru bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan menggelar pekan kemanusiaan donor darah. Kegiatan dilaksanakan di Aula Kecamatan, Kamis 26/08/2021

Camat Mekar Baru Miftah Shuritho, S.STP, MM yang juga mendonorkan darahnya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah ikut serta dan berpartisipasi dalam peduli kemanusiaan Donor Darah


“Alhamdulillah antusias masyarakat Kecamatan Mekar Baru dan sekitarnya sangat baik, kami juga mengapresiasi dan ucapan terima kasih kepada para Kepala Instansi, Para Ketua Ormas, OKP dan Seluruh Masyarakat yang sudah mensukseskan kegiatan donor darah” Ucap nya

Sementara itu, Firmansyah Ketua PMI Mekar Baru mengatakan, kegiatan donor darah sangat penting dalam menolong nyawa sesama, apalagi ditengah pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan kita semua

“Mari berbuat baik dengan peduli terhadap sesama, kalau bukan kita siapa lagi” Ujarnya

Diketahui, kegiatan donor darah di Mekar Baru terkumpul sebanyak 73 kantong darah dari 110 peserta yang terdaftar, 37 peserta gagal mendonorkan salah satunya karena HB Rendah dan darah tinggi (Abel)

Kepdes Tinjau Pembangunan Gedung Serbaguna Desa Karya Jaya. OKU

BERITA7. OKU – Pemerintah Desa Karya Jaya Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU, melaksanakan pembangunan gedung serba guna Desa Karya Jaya Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU, sesuai dengan hasil MUSDES ( Musyawara Desa ) tahun 2020 untuk dilaksanakan di RKP ( Rencana Kerja Pemerintah ) Desa Karya Jaya serta dimuat dalam pembuatan RAB DES ( Rencana Anggaran Biaya Desa ) Desa Karya Jaya Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU tahun 2021 (25 – 8 – 2021 ).

 

Kepala Desa Karya Jaya Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU Ahmad Efendi menjelaskan, pembangunan gedung serba guna Desa Karya Jaya sudah lama di impikan masyarakat desanya, dan baru terlaksana di tahun 2021i, mengingat pentinya kegunanan gedung serbaguna ini sebagai :
1. Tempat sarana berlatih 3 perguruan silat ( PSHT, Kera Sakti, DS ) yang berada didesa Karya Jaya Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU,
2. Tempat musyawarah Dusun Desa karya Jaya Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU.
3. Tempat MUSDES ( Musyawarah Desa ) Karya Jaya. Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU.
4. Tempat acara resepsi dan lain- lain.

Pembangunan gedung serbaguna Desa Karya Jaya Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU menggunakan alokasi DD (Dana Desa ) tahun 2021 sebesar : Rp 625.000.000,00 ( sudah termasuk PPH,PPN serta upah tukang ), dengan perincian ;
A. Panjang Gedung. : 12 meter.
B. Lebar Gedung. :. 9 meter.
C. Lama pengerjaan :. 150 hari.
D. Atap rangka baja.
Dikerjakan secara gotong royong dan tenaga ahli dari desa sendiri ( warga Desa Karya Jaya Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU ).

Yang akan di muat dalam penyusunan RAB Desa Karya Jaya Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU tahun 2021, dari hasil MUSDES ( Musawarah Desa Karya Jaya Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU ) tahun 2020 yang di hadiri :
1. Camat Sinar Peninjauan kab. OKU
2. Perwakilan Dinas PMD Kab. OKU.
3. Kepala Desa Karya Jaya Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU beserta perangkatnya.
4. Ketua BPD Desa Karya Jaya Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU dengan anggotanya.
5. Tokoh agama dan tokoh adat Desa Karya Jaya Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU.

Beliau juga menjelaskan, walaupun saat ini di daerah kita sedang dilanda wabah covid 19 , hampir separoh alokasi DD Desa Karya Jaya Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU tahun 2021 dialokasikan ke penanganan wabah virus covid 19 di desanya, alhamdulillah Pemerintah Desa Karya Jaya Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU, masih bisa menggunakan DD ( Dana Desa ) untuk membangun gedung serba guna Desa Karya Jaya Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU tahun 2021..

Dengan di bangunnya gedung serba guna Desa Karya Jaya Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU,sebagai tambahan aset Desa Karya Jaya serta dapat dipergukan oleh seluruh masyarakat Desa Karya Jaya Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU, untuk acara resepsi,acara pertemuan, acara musdes dan lain- lain.

Pada kesempatan ini beliau berpesan kepada seluruh masyarakat Desa Karya Jaya Kec. Sinar Peninjauan Kab. OKU, tetap selalu waspada selalu terapkan protokol kesehatan dan 5 M dimanapun kita berada, walaupin Desa kita sekarang dalam posisi zona hijau.,untuk tingkat Desa di Kecamatan Sinar Peninjauan Kab. OKU.

(Thorick sopian)

Pengajuan Jembatan Cor Betton 2021 Desa Rantau Kumpai Kec. SBR Kab. OKU

BERITA7. OKU – Pemerintah Desa Rantau Kumpai Kecamatan Sosoh Buay Rayap Kab. OKU, melalui MUSDES Rantau Kumpai tahun 2021, tempat : Balai Pertemuan Desa Rantau Kumpai Kec. SBR Kab. OKU, mengajukan profosal kepada Gubernur SUMSEL H. Herman Deru SH.MM, tentang : pembuatan jembatan cor betton Desa Rantau Kumpai Kec. Sosoh Buay Rayap Kab. OKU ( 1 – 7 – 2021 ).

Musyawara Desa Rantau Kumpai dihadi ri Kepala Desa Rantau Kumpai Untung Hartadinata beserta perangkatnya, Ketua BPD Desa Rantau Kumpai Herman Jupri dengan anggotanya, Camat Sosoh Buay Rayap M.Amin Baladi S. Stp. M.Ap, tokoh masyarakat, tokoh agama Desa Rantau Kumpai Kec. SBR Kab. OKU dengan menerapkan protokol kesehatan dan 5 M ( sesuai anjuran Pemerintah ).

Untung Hartadinata Kepala Desa Rantau Kumpai Kec. SBR Kab. OKU, berharap kepada Pemprov. SUMSEL ( Gubernur ), untuk dapat mengalokasikan dana pembuatan jembatan cor betton Desa Rantau Kumpai kec. SBR Kab. OKU,. Panjang : 50 meter serta Lebar: 7 meter , melalui Dinas terkait : Dinas PUPR Prov. Sumatera Selatan serta Dinas PU Bina Marga Kab. OKU.

Kepala Desa Rantau Kumpai Kec. SBR Kab. OKU Untung Hartadinata menjelaskan, Desa Rantau Kumpai merupakan salah satu Desa tertua di Kec. SBR Kab. OKU, secara geografis masuk wilayah strategis penghubung antar desa di Kec. SBR Kab. OKU :
1. Sebelah Utara Desa Singapura Kec. Semidang Aji Kab. OKU.
2. Sebelah Selatan Desa Penyandingan Kec. SBR Kab. OKU.
3. Sebelah Timur Desa Lubuk Baru Kec. SBR Kab. OKU.
4. Sebelah Barat Desa Negeri Sindang Kec. SBR Kab. OKU.

Beliau juga berkata dan berharap dengan kerendahan hati agar Pemprov. SUMSEL mengalokasikan dana pembuatan jembatan cor betton Desa Rantau Kumpai Kec. SBR Kab. OKU karna pentingnya jembatan ini , sebagai sarana transportasi utama masyarakat dalam menjalankan aktivitasnya sehari – hari.

Dengan dibangunnya jembatan cor betton Desa Rantau Kumpai Kec. Sosoh Buay Rayap Kab. OKU , Kepala Desa Untung Hartadinata berharap kedepan, hubungan antar desa akan lebih harmonis serta memperlancar aktivitas masyarakat desanya, untuk mengeluarkan hasil kebunnya tampa ada hambatan agar dapat meningkatkan income pendapatan masyarakat desanya dari tahun ke tahun.

Kepala Desa Rantau Kumpai Kec. SBR Kab.OKU Untung Hartadinata mengatakan, dengan dibangunnya jembatan cor betton Desa Rantau Kumpai Kec. SBR Kab. OKU, mempermudah masyarakat melaksanakan aktivitasnya sehari – hari, untuk mencapai tujuannya menjadikan Desa Rantau Kumpai (Desa tertua) menjadi Desa Mandiri di Wilayah Kecamatan Sosoh Buay Rayap Kab. Oku tahun 2021 (Di Bumi Sebimbing Sekundang).

(Edison)

Usai Terima Vaksin, Ketum Posraya Indonesia : Nggak Vaksin, Nggak Keren

BERITA7. Jakarta – Pesan Rakyat – Ketua Umum Posko Relawan Rakyat (Posraya) Indonesia Jepri, S.IP menerima suntikan dosis pertama vaksin AstraZeneca, Jumat (20/8). Penyuntikan vaksin dilakukan di Polsek Legok Jl. Raya H. Soleh Kel. Babakan Kec. Legok Kab. Tangerang.

Seusai menerima vaksin, Jepri yang ditanyai awak media mengatakan tujuannya melakukan vaksinasi guna turut membantu program pemerintah mempercepat program vaksinasi untuk masyarakat luas.

“Ini adalah sebuah keharusan, dan juga bentuk cinta terhadap bangsa ini supaya terbebas dari pandemi Covid-19,” ucap Jepri kepada awak media.

Jepri juga menuturkan, bukan hanya bentuk cinta. tetapi, hal ini juga sebagai dukungan terhadap pemerintah yang tengah gencar mempercepat serta memperluas program vaksinasi bagi seluruh rakyat.

“Hal ini juga sebagai salah satu dukungan untuk Presiden Joko Widodo bahwa beliau tidak sendiri menghadapi pertempuran ini, rakyat bersama Presiden siap untuk menang melawan Covid-19,” tegas Jepri.

Tidak Sampai disitu, Jepri juga mengajak kaum muda yang belum menerima vaksin untuk segera mendaftarkan diri ketempat penyelengara vaksinanasi yang tersedia.

“Kaum Milenial wajib harus vaksin untuk melindungi diri, keluarga serta orang yang dicintai. Milenial nggak vaksin?? Ya nggak keren,” pungkasnya.

Setelah menerima vaksin pertama ini, Jepri direncanakan akan merima vaksin dosis kedua pada (20/11). (Abel)

PLH Bupati Kab. OKU Drs. H. Edward Candra M.H. Hadiri Upacara Peringatan HUT RI ke 76 di Kab. OKU.

BERITA7.Tangerang – Pemkab OKU mengadakan upacara HUT RI ke 76 berlangsung sederhana , tetap menerapkan protokol kesehatan ( sesuai anjuran pemerintah pusat )karna saat ini Kab. OKU masi pada masa pandemi covid 19, kegiatan ini bertempat di lapangan upacara Pemerintah Kab. OKU. ( 17 – 8 – 2021 ).

Pengibaran Sang Saka Merah Putih HUT RI ke 76 di Kab. OKU, dimulai pukul : 07.30 Wib, bertindak sebagai komandan upacara Kapten Infantri Liswandi ( Pasi OPS Kodim 0403 OKU )serta pasukan pengibar bendera merah putih terdiri dari puta putri terbaik sekecamatan di Kab OKU ( didikan Dinas Pemuda dan Olahraga Kab. OKU ).

Letda Arm Sultan Alamsyah Prawiranegara Harahap, bertindak sebagai komandan kompi pasukan pengibar bendera merah putih , Muhammad Dika ( siswa SMA Negeri 5 OKU )bertindak sebagai putugas pengibat bendera merah putih serta Ari Febrianto Lesmana ( siswa SMA Negeri 1 OKU ) bertugas sebagai penggerak bendera merah putih pada upacara peringatan HUT RI ke 76 di Kab. OKU.

Upacara peringatan HUT RI ke 76 di Kab. oku, berlangsung hikmat dan damai , dihadiri oleh : Anggota DPRD OKU, Kapolres OKU, Dandim 0403 OKU, Kajari OKU, Ketua Pengadilan OKU, Ketua Pengadilan Agama, Sekda OKU, CAamat, ketua MUI OKU, ketua TPPKK OKU serta tamu undangan lain.

PLH Bupati Kab OKU Drs. H. Edward Candra M.H bertugas sebagai pembacaan teks proklamasi, Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjiti Bachri bertugas sebagai pembacaan UUD 45 serta kepala Dinas Kementrian Agama Kab. OKU Drs. H. Ishak Putih bertugas sebagai pembaca doa.

Peringatan HUT RI ke 76 di lingkungan Pemkap. OKU tahun 2021 dengan tema ” lndonesia tangguh Indonesia kuat ” , telah berahir dengan aman ,damai dan kondusip.

Edison

715 Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kelas I Tangerang Mendapatkan Remisi 

BERITA7.Tangerang – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan memberikan Remisi Umum kepada 715 orang Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kelas I Tangerang dalam rangka memperingati hari kemerdekaan republik Indonesia ke-76 tahun.

Pada hari selasa,17-8-2021.pada pukul 10 : 15 Wib dilatar halaman depan lapas Rutan Kelas I Tangerang , memberikan Remisi Umum kepada 715 warga binaan.

Dari jumlah 715 Orang WBP yang mendapatkan Remisi , 9 orang WBP diantaranya mendapatkan bebas langsung.
Pidana Umum (RUI dan RUII) sejumlah 603 orang dan Remisi Umum Pidana Khusus (RUI dan RUII) sejumlah 112 Orang terkait PP 99.

Kegiatan pemberian Remisi Umum ini tetap mengutamakan protokol kesehatan yang ketat, yang dimana harus menjaga jarak , mencuci tangan dan menggunakan masker.

Fonika Affandi selaku Kepala Rutan Kelas I Tangerang berharap,
” agar pemberian remisi ini dapat memotivasi para Warga Binaan Pemasyarakatan bisa mencapai penyadaran diri untuk terus berbuat baik sehingga menjadi warga yang berguna bagi pembangunan, baik selama menjalani masa pidana maupun setelahnya”.
Harap Fonika Afandi

Kegiatan ditutup dengan ucapan terima kasih oleh Warga Binaan Pemasyarakatan kepada Menteri Hukum dan Ham RI , Direktorat Jenderal pemasyarakatan dan Rutan Kelas I Tangerang.
Acara tersebut dihadiri oleh beberapa staf lapas
( Erick H / Red )

Wakil Bupati Lahat Pimpin Upacara Penurunan Bendera 

BERITA7. Lahat – Bertindak sebagai inspektur upacara, Wakil Bupati Lahat, H. Haryanto, S.E., M.M. pimpin upacara penurunan bendera peringatan 17 Agustus HUT RI 76 pada hari Selasa(17/08/2021)

Bertempat di Lapangan seganti setungguan ex. MTQ Lahat.
Sekitar pukul 15.30 wib Bapak Wakil Bupati beserta jajaran pemerintahan daerah dan DPRD serta instansi kepolisian dan TNI pol PP lahat tampak telah tiba di lapangan ex. MTQ lahat untuk mengikuti dan memimpin jalannya prosesi upacara penurunan bendera peringatan 17 Agustus tahun 2021 dilapangan seganti setungguan lahat ini.
Kegiatan upacara penurunan bendera kali ini diadakan masih dalam suasana pandemi covid-19 yang sedang ikut melanda kota lahat yang berstatus zona oranye ini. Sehingga peserta kegiatan upacara ini tampak dibatasi jumlahnya dan berasal dari TNI, POLRI, Pol PP, Dinas Perhubungan, PGRI, dan Badan penanggulangan Bencana Nasional Kabupaten Lahat.


Tampak kegiatan upacara kali ini berlangsung khidmat dan lancar serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang benar.
Selaku Danton adalah Polwan Hesti dari Satuan Lalu lintas Lahat sedangkan tampak para paskibraka tahun ini adalah anak-anak didik yang berasal dari sekolah yang berada di kabupaten Lahat ini.
Aulia Pasdah Levani sosok wanita kelahiran Tahun 2000 menjadi sorotan media saat bertugas menjadi petugas pembawa bendera pusaka ke atas tribun untuk diserahkan kembali kepada wakil bupati H. Haryanto, S.E., M.M. selaku inspektur upacara.
Disaksikan beberapa masyarakat setempat yang tampak antusias menyaksikan berlangsungnya upacara penurunan bendera ini, kegiatan ini menjadi bukti bahwa nuansa nasionalisme masyarakat kabupaten lahat khususnya sangat tinggi dan sangat membanggakan Negara Republik Indonesia.
Setelah proses upacara penurunan bendera selesai, Wakil Bupati dan jajaran pejabat lainnya tampak turun dari tribun dan menjumpai awak media untuk melakukan sesi foto bersama pejabat instansi TNI POLRI dan Kasatpol PP, LINMAS dan DAMKAR pemkab Lahat Fauzan Khoiri Denin AP MM serta jajaran pejabat instansi lainnya. Hingga Wakil Bupati dan Pejabat Pemerintahan lainnya akhirnya bertolak meninggalkan Lapangan ex. MTQ lahat sekira pukul 16.38 wib.

“Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” menjadi Tema Nasional pada peringatan HUT RI ke-76 tahun 2021 ini.
(Sefri)

Dynamite Berbagai Kegiatan Untuk Masyarakat Kelas Keterampilan Literasi

BERITA7. Jakarta – Pesan Rakyat – Seirama dengan semangat HUT RI ke-76 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Dynamite menunjukan kepeduliannya terhadap minat membaca masyrakat.

Diresmikan pada 2 Agustus 2021 dan berlokasi di JL. Lele 5 RT 05 / RW O5 Bambu Apus, Kel. Bambu Apus, Kec. Pamulang, Kota Tangerang selatan TBM Dynamite menyelengarakan berbagai macam kegiatan untuk masyarakat dari Kelas Keterampilan Literasi, Kelas Public Speaking, Kelas Kesenian, Bimba Calistung hingga Bimba SD hadir demi mewujudkan wadah edukasi bagi masyarakat.

Founder TBM Dynamite Ira Elmitiara, S.I.Kom
Mengatakan TBM Dynamite hadir sebagai wadah berbagi energi literasi dengan masyarakat.

“Kami sangat bahagia, dengan hadirnya TBM Dynamite di Pamulang, Tangsel ini semoga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sebagai wadah edukasi, kreasi dan dan berbagi energi Litersai,'” ucap Ira kepada PesanRakyat.id (17/8).

Selain itu, Ira juga mengatakan TBM Dynamite pun turut membuka donasi dalam rangka untuk menunjang ketertarikan masyarakat dalam hal literasi.

TBM Dynamite juga membuka donasi dalam bentuk buku, alat tulis, perlengkapan TBM dan lain-lain, hal ini guna menarik masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, tidak luput juga Ira berpesan kepada khalayak luas dalam masa pandemi Covid-19 ini untuk selalu membantu sesama dan mematuhi protokol kesehatan yang telah di tetapkan oleh pemerintah.

“Pada saat Pandemi seperti sekarang ini, kita harus lebih pedulu, Saling bahu-membahu dan bergotong royong untuk menghadapi pandemi, serta menaati protokol kesehatan. Semoga pandemi segera berakhir,” tutup Ira
(Abel)