Parenting “Pengasuhan Positif” Wilayah Kecamatan. Cibodas Tahun 2022

Berita. Tangerang – Aula Kecamatan Cibodas menerima kedatangan para tamu undangan yang concern atau peduli dengan dunia anak-anak. Sebab pada hari Rabu (2/11) itu, ada acara seminar Parenting ‘Pengasuhan Positif’ untuk wilayah Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Di depan perwakilan 6 Kelurahan yang ada di Kecamatan Cibodas, Ibu PKK Kecamatan dan Forum Anak Kecamatan Cibodas, Drs. Jatmiko, MAP (Kepala P3AP2KB) mengatakan pola pengasuhan positif didalam keluarga sangat dibutuhkan oleh anak-anak.

Dengan kedekatan antara orang tua dan anak dalam arti yang positif, maka anak akan merasa dirinya terlindungi dan nyaman. Juga mampu mencegah anak melakukan perbuatan yang tidak baik.

Kedekatan dengan orang tua pun mampu membentuk watak dan karakter anak menjadi lebih baik.

Jatmiko berharap anak-anak yang berada di Kecamatan Cibodas dapat terpenuhi hak-nya, yakni peran positif orang tua mengasuh mereka. Jatmiko menyebut keluarga harus bisa menjadi agen pengasuhan anak.

“Keluarga menjadi keluarga yang ramah anak dan keluarga menjadi
Keluarga 2P (Pelopor dan Pelapor) serta menjadi agen dalam pengasuhan anak,” ungkapnya.

Sri Damayanti, M. Psi (Ketua PUSPAGA Kota Tangerang) yang turut menjadi pembicaraan mengatakan, mengasuh anak adalah perjalanan yang panjang dan sulit. Tetapi jika orang tua memiliki kesiapan, semua bisa teratasi.

Damayanti lalu menyebut, orang tua sebisa mungkin terus berkomunikasi dengan anak, hingga bisa memantau tumbuh kembang anak. Selain itu dengan berkomunikasi, orang tua dapat menyisipkan pesan positif kepada anak, mana yang boleh dan mana yang tidak.

“Disiplin positif komunikasi orang tua dan anak, dapat membangun hubungan yang saling menghargai, dan mengajari anak untuk menentukan mana yang baik dan tidak,” tutur Damayanti.

Namun Damayanti mengingatkan, anak akan cenderung banyak bertanya, karena itu respon orang tua pun harus bisa mengimbangi pertanyaan anak tersebut.

Untuk itu Damayanti membagikan tips pada orang tua dalam menghadapi anak-anak mereka yakni sabar dalam mengasuh anak, refleksi diri, cari support atau teman sharing dan cari bantuan profesional.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Cibodas, Supendi S.Sos, M.Si

Di tempat terpisah, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Cibodas, Supendi S.Sos, M.Si mengatakan di era sekarang peran orang tua dan keluarga menjadi filter awal bagi anak-anak, agar anak-anak tidak mengikuti gaya hidup yang salah. Karena itu acara Parenting digelar di Aula Kecamatan Cibodas.

“Kita semua tahu, betapa mudahnya anak-anak mengakses media sosial. Ya, jika yang mereka lihat itu baik, jika tidak itu bisa berbahaya. Karena itu orang tua dan anggota keluarga lainnya harus punya perhatian lebih,” ucap Supendi.

Supendi menambahkan, orang tua terutama ibu yang berada di rumah, jangan malu untuk mencari tahu cara mendidik anak yang baik bisa melalui menonton di media sosial, membaca artikel maupun berkumpul dengan orang tua lainnya saling berbagi ilmu.

“Perlu belajar, kita (orang tua) bisa menonton di YouTube atau lainnya video mendidik anak yang baik. Membaca artikel dan sharing. Karena anak berhak mendapat pengajaran yang baik,” tambahnya.

Supendi pun berharap agar orang tua di Kecamatan Cibodas dan lainnya, bisa menjadi pengaruh positif bagi anak-anak mereka. Hingga nantinya di masa depan anak-anak bisa mempunyai karakter yang kuat dan baik, yang bisa diharapkan bangsa dan negara.

“Harapannya, saat anak-anak besar nanti, mereka memiliki karakter kuat yang bisa berguna bagi bangsa,” tutupnya

@penulis: Anggri
@penerbit: PT. Delik Berita Tujuh

Stiki

Tidak Ada Lagi Postingan yang Tersedia.

Tidak ada lagi halaman untuk dimuat.