Berita7. NASIONAL | Banyak pengamat yang memprediksi Menteri Keuangan, Sri Mulyani akan mengundurkan diri dari kabinet Presiden Jokowi.

Wacana mundurnya Sri Mulyani dari Menteri Keuangan dikaitkan dengan integritas alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia itu.

Kerabat Sri Mulyani, yang juga seorang ekonom, Faisal Basri meminta Sri Mulyani untuk mundur dari kabinet Jokowi karena dinilai sudah tidak sejalan dengan demokrasi lantaran ingin membangun dinasti politik.

Faisal Basri bahkan mengajak orang lain juga untuk membujuk Sri Mulyani untuk mundur dari kabinet.

Ayo sama-sama kita bujuk Bu Sri Mulyani, Pak Basuki, dan beberapa menteri lagi untuk mundur,” kata Faisal Basri dalam suatu wawancara.

Rocky Gerung pun menerawang hal yang sama. Rocky mengaku mengetahui jalan pikiran Sri Mulyani.

Menurutnya, Sri Mulyani sebenarnya menginginkan ada bujukan agar dia diminta mundur dari kabinet sebagai dasar keputusannya untuk mengundurkan diri.

“Sri Mulyani minta supaya dia dibujuk untuk mundur. Begitu kira-kira. Seperti minta diundang Bu Megawati. Saya mengertilah jalan pikiran Sri Mulyani,” jelas Rocky.

Namun jika benar Sri Mulyani akan mengundurkan diri dari kabinet, ini bisa menjadi hambatan atau memperlambat terbitnya aturan soal kenaikan gaji PNS.

Sebab, bagaimana pun, leading sektor aturan teknis soal kenaikan gaji PNS yang telah diumumkan Presiden Jokowi Agustus 2023 lalu itu berada pada Kementerian yang dipimpin Sri Mulyani
[ RED / TIM ]