Berita7. Tangerang,.-Kegiatan uji coba Integritas Layanan Primer (ILP) yang dilakukan puskesmas panunggangan dilaksanakan diposyandu cemara 8 yang letaknya di Rumah Peng’angguran, RW 02 Kelurahan Panunggangan Utara Kecamatan pinang. Posyandu cemara 8 menjadi tempat pilihan dikarenakan tempat tersebut mempunyai gedung posyandu tersendiri yang memadai untuk menghadirkan sebelas kepala kelurahan yang ada di Kecamatan pinang, kepala pukesmas dan staff, camat setempat dan para staff nya. (7/5/2024) Selasa

SYARIFUDIN HARJA WINATA, S.Sos, MM.Camat Pinang Kota Tangerang

SYARIFUDIN HARJA WINATA, S.Sos, MM. Menjelaskan, pemerintah kota tangerang sangat ingin sukses dibidang pendidikan dan kesehatan, dan sekarang ini kita sedang ada kegiatan masalah kesehatan, untuk melaksanakan kegiatan yang dibebankan ke dinas kesehatan di breakdown kepada pukesmas, puskesmas mem breakdown lagi kepada posyandu, apa sih tujuan nya mem breakdown kepada posyandu?? Agar masyarakat bisa lebih dekat untuk minta pelayanan, dari beberapa item pelayanan yang dilakukan oleh puskesmas, sehingga harapannya dengan kegiatan yang ada diposyandu ini masyarakat bisa lebih maksimal dalam menerima pelayanan kesehatan baik yang dasar maupun yang bukan, posyandu adalah pelayanan kesehatan tingkat paling bawah, tapi sekarang ini posyandu lebih sangat bermanfaat untuk masyarakat agar lebih maksimal dan tepat sasaran, yang utama harapan saya, agar masyarakat lebih sadar lagi akan kesehatan dan bisa memaksimalkan pelayanan yang ada di posyandu karna lebih dekat kata camat pinang.

Pada peran dalam memaksimalkan Pelayanan, Posyandu cemara yang terintegrasi adalah kegiatan pelayanan sosial dasar keluarga dalam aspek pemantauan tumbuh kembang anak. Dalam pelaksanaannya dilakukan secara koordinatif dan integratif serta saling memperkuat antar program dan kegiatan untuk kelangsungan pelayanan di Posyandu sesuai dengan situasi/kebutuhan lokal yang dalam kegiatannya tetap memperhatikan aspek pemberdayaan masyarakat.

Dr. Yumelda Ismawir Kepala Puskesmas Panunggangan

Dr. Yumelda Ismawir selaku Kepala Puskesmas Panunggangan memaparkan ada 14 skrining yang harus di lakukan Yaitu Diabetes, Hipertensi, Tibi, dan lainnya yang di lakukan di posyandu dengan tujuan mendekatkan akses pelayanan kepada masyarakat, melalui perpanjangan tangan ibu-ibu kader yg akan di beri pelatihan khusus, dengan harapan bisa melakukan skrining untuk kedepannya. Adapun kegiatan posyandu Cemara 8 akan terus berkelanjutan setiap bulanya.

Masih kata Dr. Yumelda Ismawir kegiatan ini adalah merupakan file project untuk kegiatan Integrasi Layanan Primer di Kota Tangerang ada lima pukesmas sekota tangerang salah satunya adalah Puskesmas Panunggangan, puskesmas kita sudah menjalankan program ILP ini dengan sistem klaster, jadi pengobatan itu tidak berdasarkan poly lagi tapi dengan klaster-klaster, ada 5 jenis klaster kalster 1 manajemen, klaster 2 ibu dan anak, klaster 3 dewasa dan lansia,kalster 4 KesLing(kesehatan lingkungan)surveylen dan klaster 5 adalah lintas klaster. Kami lebih mengutamakan untuk skrining, sebenarnya tujuan ILP ini yang pertama memberikan pelayanan berdasarkan usia kehidupan, kemudian yang kedua untuk mendekatkan akses pelayanan dan yang ketiga adalah pemantauan wilayah setempat dengan melakukan kunjungan rumah. Tentang mendekatkan akses itu salah satunya adalah kegiatan yang ada diposyandu, jadi diposyandu saat ini digabung menjadi satu bukan hanya untuk balita saja, tapi untuk para lansia, pemeriksaan ibu hamil dan para penderita PTM (penyakit tidak menular) paparnya.
(Od)