Berita7.net  KARAWANG || Pembangunan jembatan senilai Rp51 miliar di Karawang, yang sempat mangkrak, kelar. Jembatan yang melintang di atas Sungai Citarum sepanjang 130 meter dengan lebar 7 meter itu, pagi tadi, Rabu (27/12/2023), diresmikan.

Pj Gubernur Jawa barat, Bey Machmudin didampingi Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh, meresmikan langsung jembatan bernilai Rp51 miliar melalui program bantuan keuangan Provinsi Jawa Barat ini.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Jawa barat, Bey Machmudin mengatakan, jembatan tersebut dibangun untuk masyarakat Karawang, dan untuk mendorong berjalannya roda perekonomian di Karawang.

“Alhamdulillah, pagi ini kita bisa meresmikan Jembatan Walahar. Diharapkan, jembatan ini bisa bermanfaat buat masyarakat Karawang, terlebih dalam menghidupkan roda perekonomian,” ujar Bey Machmudin, dalam sambutannya saat meresmikan Jembatan Walahar.

Di tempat yang sama, Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh mengatakan, pihaknya bersama masyarakat Karawang sangat berterima kasih kepada Pemprov Jabar yang telah merealisasikan dan menuntaskan pembangunan Jembatan Walahar.

“Keberadaan Jembatan Walahar sangat penting, dan sangat bermanfaat buat masyarakat Karawang. Jembatan ini menghubungkan dua kecamatan, yakni Kecamatan Klari dan Ciampel. Dan dengan keberadaan jembatan ini, roda perekonomian bisa berjalan,” ujar Aep.

Aep memaparkan, proyek Jembatan Walahar pelaksanaannya dilakukan dalam dua tahap, dengan anggaran dari Provinsi Jabar.

“Tahap pertama dilakukan pada tahun 2019, dengan anggaran sebesar Rp16,7 miliar lebih. Kemudian tahap kedua anggaran turun di tahun 2023, sebesar Rp.32 miliar. Alhamdulillah, proyek ini selesai,” kata Bupati Aep.

Untuk diketahui, proyek pembangunan Jembatan Walahar sempat terhenti, hingga kemudian dilanjutkan kembali dan pembangunannya selesai.**